Kepuasan pelanggan berasal dari interaksi pelanggan dengan produk atau layanan Anda yang secara efektif memenuhi harapan mereka. Jika demikian, maka, dinyatakan secara positif, pelanggan puas; menyatakan secara negatif, pelanggan tidak puas. Meskipun kepuasan itu penting, itu tidak berarti bahwa a) pelanggan akan tetap puas atau b) bahwa pelanggan akan mengulangi pembelian mereka dengan Anda atau c) bahwa mereka akan merujuk pelanggan lain kepada Anda. Ini berarti mereka tidak kecewa dan tidak akan menjelek-jelekkan Anda.
Baca juga tentang:
- 4 tips untuk membangun tim loyal dalam pemasaran jaringan
- cinta dan kesetiaan
- Karakteristik seorang teolog yang setia
- Dimana menemukan pelanggan setia
- Tips untuk merubah prospek anda
- Kunci untuk membuat klien loyal
Untuk menciptakan pelanggan yang loyal, bagaimanapun, melibatkan menciptakan hubungan emosional, ikatan yang melampaui pemikiran rasional sederhana. Pelanggan yang loyal memberikan manfaat seperti:
- Membayar lebih banyak untuk produk atau layanan Anda.
- Keluar dari jalan mereka untuk melakukan bisnis yang berkelanjutan dengan Anda.
- Merujuk teman dan keluarga lain untuk berbisnis dengan Anda juga.
Dalam dunia hubungan pelanggan, persepsi pelanggan terus berubah berdasarkan interaksi yang berkelanjutan dengan Anda dan perusahaan Anda. Semakin stabil dan konsisten yang Anda berikan, semakin loyal mereka. Tetapi penting untuk diingat bahwa bahkan produk tanpa cacat dan hubungan layanan tanpa cacat bukanlah jaminan mutlak kesetiaan. Pelanggan adalah orang-orang, dan orang-orang bisa menjadi emosional, berubah-ubah, dan kadang-kadang sulit dihadapi.
Sama seperti hubungan lainnya, penting untuk diingat bahwa perlu waktu untuk membangun kepercayaan dalam hubungan pelanggan Anda. Jangan berpikir bahwa karena setiap pelanggan tidak senang, berarti Anda tidak menyediakan layanan yang berharga atau produk yang dibutuhkan.
Luangkan waktu untuk membangun konsistensi dalam pelaksanaan interaksi pelanggan yang berkelanjutan, dan pastikan untuk mendengarkan, dan menindaklanjuti, apa yang mereka katakan untuk memahami di mana Anda dapat meningkatkan. Loyalitas pelanggan bukan sprint, tetapi maraton. Namun, jika Anda secara konsisten berusaha untuk mengesankan dan meningkatkan, Anda akan mendapatkan loyalitas yang Anda cari dalam jangka panjang.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.